Posted by: agustan | May 26, 2008

Rappocini

Rappocini, adalah nama kecamatan yang terdapat di Makassar, Sulawesi Selatan saat ini. Nama lokasi ini paling tidak sudah ada sejak sekitar tahun 1780-an, ditandai dengan adanya nama seorang raja kecil yang bernama Karaeng Rappocini pada zaman kerajaan Gowa-Tallo. Kemudian pada tahun 1970-an waktu Kami pindah ke lokasi ini, dibuatlah sebuah jalan yang mengubungkan Jalan Veteran untuk tembus ke arah Kabupaten Gowa, yang diberi nama Jalan Rappocini.

Rappocini sendiri berarti buah Nangka dalam bahasa Makassar. Mungkin dulunya daerah ini banyak ditumbuhi buah Nangka, yang sayangnya saat ini sudah sangat jarang ditemui di sekitar lokasi ini. Hanya hutan ‘ruko, rumah toko’ yang memenuhi pandangan mata. Waktu saya kecil (Kami tinggal di Lorong 6), lokasi ini masih merupakan lahan pertanian, sawah yang hijau dan tempat menangkap ikan jilo’ (ikan lele), bale balang dan ikan cambang-cambang (mujair). Apabila panen, saya kadang ikut menuai padi memakai alat anai-anai, dan setelah panen, lokasi ini sangat nikmat untuk dijadikan lahan bermain enggo lari, parlos, gebo’-gebo’ (semacam permainan beregu dengan menggunakan bola buatan semacam bola tenis tapi dari kertas yang diisi batu kemudian diikat dengan karet) dan bundu’-bundu’ (permainan peperangan dengan menggunakan senjata dari bambu kecil dengan peluru kertas yang telah dibasahi).

Rappocini, miss you so much…


Responses

  1. hehehe Salam kenal ini siapa yah, mungkin saya kenalki … mungkin sedikit ralat .. rappocini bukan berarti buah nangka …. buah nangka = rappocidu … ini hal yang berbeda, kisah nama rappocini menurut nenek saya yg asli Rappocini .. .. nama ini muncul dari mulut raja gowa pada waktu itu (ngga tau kapan hehehe lupa masih anak2 dulu dengar cerita dari nenek) raja gowa dalam perjalan dan melewati desa rappocini .. saat itu lagi musim buah ( ngga tau musim buah apa) … dan keluarlah perkataan sang raja … “A rappo pi na ku Cini ki” akhirnya nama Rappocini mulai dipakai … Rappo = berbuah Cini= lihat ……….. Adapun nama jalan Rappocini Raya ini diberikan oleh para tetua ada di rappocini termasuk Alm. seorang Tentara dan Pejuang Kemerdekaan RI .. Abubakar Dg Bombong .. dulu tinggal di lorong. 5 … Oh..iyya mampir ke blog ku ..kali aja aku ini teman kecilnya dulu boss.. salam

  2. Terima kasih banyak atas koreksinya…iyye, benar tawwa, cini = lihat hehehe.
    Lorong 5 ini, yang kalo dari arah veteran belok kiri ya? (kalo ndak salah rumah keduanya Pak Bombong di sini, sebelumnya di dekat pasar)…kalo lorong 6 belok kanan.
    Kalo di lorong 6 yang tembus Gotong yang terkenal Dg. Sija si nelayan sakti sama Dg Lurang, Dg, Nanro dll.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: