Posted by: agustan | June 2, 2008

Biak

Hari ini saya memberikan pernyataan kepada teman KPTB saya, Sir Asep Jamopsky, ‘Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak’. Kemudian beliau menjawab ‘Mungkin urang harus tinggal di Biak sambil memamah biak agar bisa berkembang biak’. Hehehe jawaban yang sangat berirama, hal ini tidak lain karena Sir Asep jamopsky ini adalah salah satu gitaris handal yang ada di kolong langit saat ini.

Kaitannya dengan toponimi, Biak adalah salah satu pulau di wilayah Papua (Irian Jaya). Sejarah panjang daerah Papua termasuk Biak telah tercatat dengan baik di Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (Royal Institute of Linguistics and Anthropology). Salah satu peneliti yang konsisten dengan Papua adalah J.H.F. Sollewijn Gelpke. Beberapa tulisannya mengulas tentang sejarah Papua dan juga kaitannya dengan era Portugis waktu itu.

Salah satu hasil penelitian dari Wilco van den Heuvel, Netherland Graduate School of Linguistic, menyimpulkan pemikiran Sollewijn, bahwa “the toponym Biák or Wiák is the local pronunciation which means the ground under one’s feet, land”.

Jadi Biak itu sendiri artinya adalah tanah atau bumi yang dipijak. Kaitannya dengan Sir Asep Jamopsky mungkin adalah, ‘Di mana bumi dipijak, di sanalah tempat memamah biak dan berkembang biak’ hehehe.

OOT, Biak sendiri seperti halnya dengan wilayah lain di Papua, daerah bagian timur Indonesia, saat ini masih berkutat dengan pembangunan, yang jika dilihat dengan mata telanjang dan mata hati, masih sangat belum merata dan menyentuh ke penduduk. Entah sampai kapan…
Padahal, keindahan serta kekayaan alamnya, Subhanallah….

Ya Allah, anugrahkanlah kepada Kami, bangsa Indonesia, pemimpin-pemimpin yang mengerti memakmurkan bumi-Mu secara adil dan merata…bukan pemimpin-pemimpin yang hanya memikirkan diri dan golongannya sendiri…Amiin…


Responses

  1. Amiiin… semoga jamop segera mendapat gadis biak untuk dapat segera berkembang biak… sambil tetap memamah biak….

  2. Saya yang pernah bertugas di biak, berharap semoga biak dapat berkembang di segala bidang karena biak kaya akan sumber daya alam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: