Posted by: agustan | August 2, 2008

Salman

Salman, sebenarnya bukan nama wilayah, tetapi nama sebuah mesjid di Jalan Ganesha, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Saya menulis artikel ini untuk mengenang seorang yang saya anggap sebagai Guru, Bang Imad atau Bapak Muhammad Imaduddin Abdurrahim. Di tahun 1990-an beliau adalah salah seorang yang mampu menggugah semangat saya tuk rajin ke Salman mengikuti kuliahnya. Bahkan pada waktu Subuh…yang saat ini rasanya sulit sekali dilakukan di Jepang. Beliau juga mampu menggugah semangat saya dan beberapa rekan tuk ‘sedekah’ saham republika pada awal berdirinya. Beliau juga salah seorang yang merintis Salman untuk mahasiswa ITB. Nama Salman diabadikan untuk mengenang salah seorang sahabat Rasulullah, Salman Al-Farisi, yang menurut hikayat berasal dari negeri Parsi (Iran) dan mempunyai wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas. Usulan beliau untuk menggali parit dalam mempertahankan kota Madinah diterima oleh Rasulullah sehingga dikenal dengan perang Khandaq.

Untuk menularkan semangat ‘intelektual’ Salman Al-Farisy kepada mahasiswa ITB maka nama sahabat Rasulullah tersebut diresmikan oleh Presiden Sukarno. Bang Imad termasuk salah seorang yang aktif dalam proses ini. Selamat jalan Guru, Insya Allah amal jariyahmu akan terus mengalir…


Responses

  1. Gw dulu pernah nazar dalam hati, nanti kalo punya anak laki, gw kasih nama Salman, Alhamdulillah sudah terlaksana. Tapi yang lebih penting sekarang, bagaimana mendidik Salman dan Auliya hingga menjadi mujahid yg dirindukan penduduk langit dan bumi, tentunya saya sendiri harus siap ‘dididik’ dulu.
    OK thanks, salam buat keluarga


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: