Posted by: agustan | January 12, 2009

Toponimi daerah Jawa Barat (2)

Lanjutan secuil hasil terjemahkan tulisan L.F. van Gent tentang penamaan geografis di Jawa Barat. L.F. van Gent (seorang ’surveyor’ zaman penjajahan Belanda yang bekerja pada Dinas Topografi dan melakukan survay ke daerah Jawa Barat yang saat itu mereka sebut ‘Preanger’ pada sekitar tahun 1915) oleh Pak Klaas J. Villanueva.

Penamaan unsur geografis menurut rupa.
Ini sering dipakai terkait upaya dahulu untuk mengungkap sesuatu. Selain yang telah sepintas lalu dikemukakan, masih diberi tempat hal yang berikut:
G. Margawindu = gunung, sekeliling mana ada jalan (marga) melingkar, seakan-akan memakan waktu satu windu (7 tahun, yaitu sangat lama).
Giri Sunya = gunung kosong = gunung khayalan/tasawuf = tempat tinggal imam tua
G. Dangka = gunung untuk menguraikan jiwa = tempat tinggal roh
Ci Haurseah = air, yang berdersik bak angin melalui rumpun bambu
D. Cituak = desa, dimana tumbuh rumpun bambu, demikian tebalnya, sehingga cocok untuk menyimpan tuak
G. Beser = gunung, yang selalu cenderung untuk kencing, yaitu hujan selalu di waktu yang tidak tentu
G. Weweranda = gunung, berdiri sendiri seperti wanita (wewe), yang janda (randa)
Lebak Sibedug = lembah kematian, dengan kata lain tempat pemakaman, dimana ada batu yang berbentuk bedug mesigit (mesjid), jadi gerbang ke kebahagiaan.

Btw, menarik juga nih nama Gunung Weweranda, emang bisa ya kita menentukan mana janda dan yang bukan dari rupanya? hehehe harus berguru sama van Gent nih kalo gitu🙂


Responses

  1. perkenalkan
    saya agung priyaguna dari sukabumi, saya lulusan UPI Bandung tahun 2008. skripsi saya adalah asal usul ngaran tempat (Toponimi) di Kota Sukabumi. dan ada lagi temen saya yang mengambil judul skripsi sama yaitu toponimi se kabupaten Garut. dan sekarang saya sedang melengkapi skripsi saya dengan data visualnya, karena ada sebagian kampung di kota sukabumi yang masih memiliki fakta sejarahnya, bahkan ada kampung yang masih ada penduduk pertamanya. selain dari itu, di sukabumi hususnya kota, ada sebagian nama kampung yang hilang karna PERUM dan karna kebijakan pemerintah waktu itu, saat ini saya tidak punya temen di sukabumi (atau mungkin belum menemukan), yang seide dalam kajian toponimi. mungkin saya bisa masuk komunitas atau kelompok ini, atau bagaimana baiknya?
    saya cukupkan sekian, walau sebenarnya masih banyak yang harus di unggkapkan.
    terima kasih.

    • Wah jadi tertarik bwt meneliti asal-muasal nama daerah nie…

  2. Wah terima kasih sekali Kang Agung atas usahanya menulis skripsi tentang toponimi Sukabumi…pasti sangat menarik.
    Sampai sekarang, klub peminat toponimi masih belum ada euy….gimana kalau kita buat?

  3. ikutan……Daftar….(anggota nomor 001)

  4. Edun…sigap pisan, okeh KTA 001 sudah dipesan oleh Bapak Nurdin, daerah utusan Bandung.

  5. punten kang nembe ka buka deui, lawas kamari teh kaclep heula.
    hayu pisan urang ngadamel komunitas toponimi, sakalian urang ngajaga ngaran kampung, bisi jeung bisi diaku ku malaysia.
    kumaha tah kapayuna?

  6. oh enya, cobi tinggali blog abdi, gungsoekaboemi.blogspot.com.
    diantos kritik jeung kiripikna oge saran jeung sarina.

  7. oke kalu gitu nanti saya alihkan ke basa indonesia

  8. hwaaaaa pngen skripsi tentang sukabumi jg..
    tp masih bingung mw apa?

    citra jg ank upi lo mas agung….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: