Posted by: agustan | October 29, 2010

Mentawai

Kepulauan Mentawai yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera terdiri dari 4 pulau utama yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Literatur dari http://www.mentawai.org/hismart.htm menceritakan bahwa:
orang di Pulau Sumatera menyebut penduduk Pagai ini ‘orang Mantawee’ yang berasal dari kata “mantaoo” (bahasa Minang?), sementara penduduk Pagai sendiri menyebut dirinya sebagai orang Pagai. Awalnya penduduk Pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan dianggap berbeda suku, tetapi setelah diteliti ulang ternyata satu suku dan disebut sebagai suku Mentawai.

Tanggal 25 Oktober 2010, pukul 21:42:22 terjadi gempa di daerah Kepulauan Mentawai. USGS mencatat gempa ini berkekuatan 7.7 skala moment magnitude. Berdasarkan Finite Fault Model hasil inversi broadband waveforms oleh Hayes (2010) dapat dimodelkan deformasi permukaan akibat gempa tersebut. Akibat gempa ini diperkirakan pesisir pantai Pulau Pagai Utara dan Selatan mengalami penurunan dari 2 cm sampai 9 cm.

Deformasi Permukaan

Model Patahan dari USGS

Turut berduka cita atas korban bencana ini…
Ya Allah, berikanlah Kami ketabahan, kesabaran dan kemampuan untuk memahami segala hikmah yang tersembunyi dari kejadian ini. Ya Allah lindungilah Kami, jauhkanlah Kami dari segala mara bahaya…Amiin ya rabbal alamin.


Responses

  1. Broadband waveforms yang digunakan Hayes mirip dengan echosounding kah Pak? Sy masih awam di bidang pemodelan bawah permukaan air.
    Salam kenal.

  2. Salam kenal kembali Mas Febri. Broadband waveforms yang dimaksud adalah data penjalaran gelombang seismic akibat gempa yang diterima oleh stasiun seismik global (Global Seismic Network-GSN) yang dalam hal ini USGS mengolah data dari 24 stasiun GSN di seluruh dunia.

  3. nice info, udah lama ga liat2 peta kaya gini.. hehe

  4. terimakasih atas informasinya Pak dan saya akan keep contact with Bapak.

    Saat ini kami sedang mengusulkan penataan ruang pesisir dan pualu-pulau kecil pasca tsunami. untuk itu kami mengumpulkan semua data dan infmorasi terkait wilayah ini sebelum dan pasca tsunami.

    kami mohon bapak dapat berbagi tentang infomrasi tersebut.

    salam hormat
    Permana Yudiarso


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: